Wednesday, February 23, 2011

Sistem, Kita yang Mengikuti Sistem tersebut atau Sistem yang mengikuti Kita?

LESSON 33 :

Sistem, Kita yang Mengikuti Sistem tersebut atau Sistem yang mengikuti Kita?

Senin, 14 Februari 2011

Berbicara tentang system ternyata sangatlah mudah seperti membicarakan tentang motivasi dan motivasi. Selama ini apa yang saya dapat dalam perkuliahan, perubahan dapat dilakukan dengan memahami system yang ada. Tetapi kenyataannya tidak begitu, ketika di perkuliahan kita benar melakukan pembuatan bagan akar masalah yang begitu panjangnya sampai-sampai menyerupai struktur organisasi milik pemerintahan. Hal tersebut memang sangat digunakan untuk memahami apa sih yang menjadi bentuk sistemik dari permasalahan perusahaan. Sedangkan di dunia kerja, memahami begitu kompleksnya sistem yang kita hadapi sangatlah tidak sesederhana itu.

Menurut saya, ketika di perkuliahan kita adalah orang luar yang benar-benar tidak terpengaruh oleh sistem itu sehingga yang terjadi adalah pemahaman akan sistem dalam organisasi menjadi sangat luas. Berbeda dengan apa yang saya hadapi sekarang, seolah-olah saya telah menjadi bagian dari sistem tersebut. Lalu kemudian ini adalah pertanyaan yang selalu ditanyakan oleh dosen saya “Sistem mengikuti kamu atau kamu yang mengikuti sistem?”. Selama ini sistem dari perusahaan tempat saya bekerja seakan-akan memperngaruhi untuk apa yang saya lakukan. Lalu apakah ketika kita memasuki suatu organisasi, maka kita akan dipengaruhi oleh sistem terlebih dahulu kemudian baru kita nantinya akan mempengaruhi sistem tersebut?. Kalau benar demikian, berarti semuanya adalah suatu proses. Dalam artian sebagai berikut, saat kita masuk ke dalam organisasi manapun. Kita menemukan bahwa ini adalah sistem yang ada di perusahaan, tetapi kemudian yang kita lakukan adalah Menyelaminya layaknya Experiential Learning. Baru setelah itu kita baru menyadari inilah kelemahan dari sistem yang dimiliki. Nah, inilah yang kadang menjadi masalah. Permasalahannya adalah terjadinya Group Think, yang akan dimiliki oleh mereka yang belum berpengalaman untuk menyelami sistem yang telah terbentuk di dalam suatu organisasi.

No comments:

Post a Comment